SILABUS

Baca selanjutnya
Sekolah                                   :  SMP/MTs

Kelas/ Semester                      :  VII (Tujuh)/ 1 (Satu)

Mata Pelajaran                      :   SENI BUDAYA / SENI MUSIK

Standar Kompetensi             :

  1. 3. Mengapresiasi karya seni musik

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh

Instrumen

3.1.    Mengindentifikasi jenis lagu daerah setempat

3.2.    Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu daerah setempat

  • Pengenalan ragam lagu etnik  Nusantara daerah setempat
  • Mendengarkan lagu etnik  daerah setempat
  • Menyaksikan pertunjukan lagu etnik daerah setempat
  • Mengkaji elemen-elemen musik, irama, tempo,nada, dinamik lagu etnik daerah setempat
  • Mempresentasikan hasil diskusi
    • Mengidentifikasi jenis-jenislagu etnik dari daerah setempat
    • Mengidentifikasi elemen-elemen musik; irama, tempo,nada,dinamika dan  dari lagu daerah setempat
    • Mendeskripsikan lagu (pemainan pergaulan)  yang ada  di daerah setempat

Tes

lisan

Tes uraian
  • Bagaimana pendapatmu tentang lagu etnis yang diperdengarkan
  • Berikan tanggapan tentang elemen-elemen lagu etnik daerah setempat

4

4

Audio visual

Buku teks

Alat musik/ sumber bunyi

SILABUS

Sekolah                                   :  SMP/MTs

Kelas/ Semester                      :  VII (Tujuh)/ 1 ( Satu )

Mata Pelajaran                      :   SENI BUDAYA / SENI MUSIK

Standar Kompetensi             :

4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh

Instrumen

4.1.    Mengaransir secara sederhana karya lagu daerah setempat

4.2.    Menampilkan hasil aransemen karya lagu daerah setempat

  • Mengaransir ragam lagu etnik  Nusantara daerah setempat
  • Mendengarkan lagu etnik daerah setempat
    • Membaca notasi/karya lagu daerah setempat
    • Menuliskan pola irama, tempo,nada dan dinamika lagu etnik daerah setempat
    • Mengaransir secara sederhana lagu etnik daerah setempat
    • Menyajikan hasil aransemen secara sederhana
  • Menuliskan pola irama lagu etnik setempat
  • Mengaransir secara sederhana elemen-elemen musik lagu etnik daerah setempat
  • Menampilkan aransemen lagu etnik setempat  secara perorangan atau kelompok

Unjuk kerja

Tes Identifikasi

  • Tirukan nada, irama dan dinamika lagu yang diperdengarkan
  • Bunyikan nada, irama tempo dan dinmika dari lagu etnik yang diperdengarkan
  • Tuliskan hasil aransemen dalam bentuk yang siap ditampilkan
  • Tampilkan hasil aransemen lagu etnik dengan alat musik (sumber suara) yang dipilih

6

6

Audio visual/ pertunjukan musik etnis

Buku teks

Alat musik/ sumber bunyi

SILABUS

Sekolah                                   :  SMP/ MTs

Kelas/ Semester                      :  VII (Tujuh)/ 2 ( Dua )

Mata Pelajaran                      :   SENI BUDAYA / SENI MUSIK

Standar Kompetensi             :

11. mengapresiasi karya seni musik

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh

Instrumen

11.1 Mengidentifikasi ragam musik daerah setempat

11.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni musik daerah setempat

  • Tanggapan tentang karya musik nusantara
    • Membaca referensi tentang musik daerah setempat/ nusantara
    • Mendengarkan beberapa karya musik daerah setempat/ nusantara
    • Menukis penulaian tentang fungsi dan makna karya musik daerah setempat/ nusantara yang diperdengarkan
    • Mengidentifikasi beragam lagu dan karya musik sesuai dengan fungsinya
    • Menjelaskan secara lisan dan tertulis tentang karya musik sesuai dengan kehidupan masyarakatnya
    • Menyebutkan unsur keunikan musik daerah setempat

Tes

Tes tulis

  • Sebutkan 3 judul lagu tradisional daerahmu beserta nama penciptanya
  • Berikan tanggapan tentang unsur musik yang diperdengarkan
  • Sebutkan keunikan dan ciri musik etnik daerah setempat

4

4

Buku teks

Tape

recorder

Lagu lagu daerah setempat

SILABUS

Sekolah                                   :  SMP/ MTs

Kelas/ Semester                      :  VII (Tujuh)/ 2 ( Dua )

Mata Pelajaran                      :   SENI BUDAYA / SENI MUSIK

Standar Kompetensi             :

12. Mengekspresikan  karya seni musik

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh

Instrumen

12.1  mengaransir secara sederhana karya kagu daerah setempat

12.2  menyajikan karya seni musik daerah setempat secara perseorangan dan berkelompok di kelas

  • Aransemen sederhana lagu daerah setempat
  • Mendengarkan lagu etnik daerah setempat / nusantara
  • Membaca notasi / karya musik daerah setempat/ nusantara
  • Menuliskan pola irama lagu daerah setempat / nusantara
  • Mengaransir secara sederhana lagu daerah setempat
  • Menyajikan hasil aransemen secara sederhana baik perorangan maupun berkelompok
  • Menjelaskan prosedur mengaransir musik
  • Mengaransir secara sederhana karya lagu daerah setempat
  • Membuat perencanaan pagelaran
  • Menyanyikan lagu aerah setempat dengan aransemen sederhana

Tes unjuk kerja

Tes identifikasi

  • Tirukan nada, irama, dan dinamika lagu yang diperdegarkan
  • Tuliskan hasil aransemen dalam bentuk yang siap ditampilkan
  • Tampilkan hasil aransemen lagu etnik dengan alat musik yang dipilih

4

4

Buku teks

Lagu lagu daerah setempat

SILABUS

Sekolah                                   :  SMP/ MTs

Kelas/ Semester                      :  VIII / 1 (Satu)

Mata Pelajaran                      :   SENI BUDAYA / SENI MUSIK

Standar Kompetensi             :

3. Mengapresiasi karya seni musik

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh

Instrumen

3.1 Mengidentifikasi  jenis lagu Nusantara

3.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  lagu Nusantara

Musik nusantara

Karya musik nusantara

  • Mendengarkan jenis lagu etnik nusantara
  • Mendiskusikan ciri khas lagu etnik dari beberapa daerah di nusantara
  • Bertanya jawab tentang lagu yang didengar berdasarkan elemen musiknya
  • Mengungkapkan keunikan atau keindahan dan pesan dari lagu yang didengar
  • Menuliskan tanggapan pribadi tentang lagu yang didengar
  • Menentukan jenis lagu yang diperdengarkan
  • Menidentifikasi crri-ciri lagu etnik dari beberapa daerah di nusantara
  • Mengidentifikasi lagu etnik yang didengar berdasarkan fungsi sosialnya
  • Menuliskan/ mengutarakan keunikan /keindahan dan pesan dari lagu  yang didengar

Tes tulis

Uraian

  • sebutkan 5 judul lagu nusantara
  • sebutkan perbedaan ciri-ciri dari ragam musik nusantara  :

a. Musik anak-anak

b. Musik Perjuangan

c. Musik Dangdut

  • Berilah contoh lagu-lagu nusantara yang berfungsi sebagai :

a. Media pendidikan

b. Media hiburan

c. Media apresiasi

d. Pengiring tari

e. Sarana Ekonomi

  • Tuliskan pendapatmu mengenai makna lagu di nusantara

4 jam

4 jam

Lagu-lagu nusantara

Tape rekorder

Buku teks

SILABUS

Sekolah                                   :  SMP/ MTs

Kelas/ Semester                      :  VIII / 1 (Satu)

Mata Pelajaran                      :  SENI BUDAYA / SENI MUSIK

Standar Kompetensi             :

4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

4.1 Mengaransir secara sederhana lagu etnik Nusantara dalam bentuk ansambel

4.2  Menampilkan hasil aransemen lagu etnik Nusantara dalam bentuk ansambel

Lagu-lagu etnik nusantara

Karya musik nusantara

  • Menuliskan pola irama, nada, dinamika lagu etnik nusantara
  • Menuliskan jenis-jenis pola irama, untuk mengiringi lagu etnik nusantara
  • Menggabungkan elemen-elemen musik melalui alat musik
  • Mengaransir lagu etnik nusantara secara sederhana
  • Memainkan sebuah lagu etnik nusantara yang sudah diaransir dengan menggunakan alat musik
  • Memainkan sebuah lagu etnik nusantara yang sudah di aransir dalam versi alat musik

Memainkan sebuah lagu etnik nusantara yang sudah diaransir dalam versi vokal

Unjuk kerja

Uji petik

  • Tuliskan hasil aransemen dalam bentuk yang siap ditampilkan
  • Tampilkan hasil aransemen lagu etnik dengan alat musik

6 jam

6 jam

Lagu-lagu nusantara

Tape rekorder

Buku teks

SILABUS

Sekolah                                   :  SMP/ MTs

Kelas/ Semester                      :  VIII / 2 (Dua)

Mata Pelajaran                      :  SENI BUDAYA / SENI MUSIK

Standar Kompetensi             :

11. mengapresiasi karya seni musik

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

11.1 mengidentifikasi jenis karya senimusik tradisional nusantara

11.2. menampilkan sikap apresiatif trhadap keunikan seni musik tradisional nusantara

Musik nusantara

Karya musik nusantara

  • Mendengarkan berbagai musik nusantara
  • Mengambil aneka ragam ciri-ciri  elemen serta jenis alat musik yang didengarkan
  • Mengamati jenis alat musik sesuai dengan sumber bunyinya
  • Mengamati pola irama dari lagu yang diperdengarkan
  • Menjelaskan keunikan dan fungsi social musik etnik nusantara
  • Mengidentifikasi beragam karya musik nusantara sesuai dengan instrumentmusik yang digunakan
  • Mengidentifikasi elemen-elemen musik: irama tempo nada dan dinamika musik nusantara yang didengarkan
  • Mengungkapkan rasa / kesan dalam bentuk tulisan terhadap lagu yang di perdengarkan dari instrumen yang dipergunakan

Mengungkapkan kesan dalam tulisan terhadap isi syair lagu

Tes

Tes uraian

  • sebutkan 4 jenis musik nusantara
  • sebutkan sumber bunyi dari alat musik yang diperdengarkan
  • bagaimana pendapatmu mengenai perkembangan fungsi sosial musik etnik nusantara

2 jam

2 jam

Lagu-lagu nusantara

Tape rekorder

Buku teks

SILABUS

Sekolah                                   :  SMP/ MTs

Kelas/ Semester                      :  VIII / 2 (Dua)

Mata Pelajaran                      :  SENI BUDAYA / SENI MUSIK

Standar Kompetensi             :

12. mengekspresikan diri melalui karya seni musik

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

12.1. mengaransir secara sederhana lagu tradisional nusantara

12.2. menyiapkan seni musik tradisional nusantara untuk disajikan secara perseorangan dan kelompok dikelas atau sekolah.

12.3 menyajikan karya seni musik tradision  nusantara untuk disajikan secara perseorangan dan kelompok dikelas atau sekolah.

Musik nusantara
  • Menuliskan paduan elemen-elemen musik yang akan digunakan untuk mengiringi laguetnik nusantara
  • Menuliskan secara lengkap elemen dan alat musik yang sudah di aransir
  • Mempersiapkan hasil aransemen, alat musik dan pendukung pentas secara lengkap
  • Menyajikan karya serta berdasarkan pengembangan gagasan kreatif secara perorangan dan kelompok.
  • Mengaransir secara sederhana lagu etnik nusantara
  • Menyusun pola irama ,melodi berdasarkan musik nusantara
  • Membuat perencanaan pementasan didalam kelas dengan menyanyikan lagu etnik nusantara
  • Berlatih memainkan lagu nusantara dengan alat musik melodis secara individu maupun kelompok
  • Memainkan satu lagu nusantara dengan alat musik melodis secara individu
  • Memainkan satu lagu nusantara dengan alat musik melodis dalam ansambel musik

Tes unjuk kerja

Tes unjuk kerja

Uji petik kerja prosedur

Uji petik kerja prosedur

  • lengkapi hasli aransemen dalam bentuk tertulis berdasarkan masukan-masukan dari kelas
  • susunlah pola irama, melodi musik nusantara
  • latihkan hasil aransemen yang telah disempurnakan
  • mainkan lagu nusantara dengan alat musik guitar
  • pentaskan hasil aransemen secara utuh
  • pentaskan hasil aransemen secara utuh

6 jam

2 jam

4 jam

Lagu-lagu nusantara

Tape rekorder

Buku teks

Silabus

Sekolah                       : SMP/ MTs

Kelas/Semester            : IX (sembilan) / I (satu)

Mata Pelajaran           : Seni Budaya / Seni Musik

Standar Kompetensi  :

3. Mengapresiasi  karya seni musik

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

3.1 Mengidentifikasi  lagu mancanegara di Asia

3.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu mancanega di Asia

Musik mancanegara
  • Mendengarkan musik/lagu   mancanegara
  • Mendiskusikan ciri-ciri khas musik dari mancanegara
  • Bertanya jawab tentang aspek sosial dalam musik mancanegara
  • Menyebutkan keunikan  dan pesan dari musik/lagu yang didengar
  • Mempresentasikan tentang manfaat fungsi sosial budaya dar musik yang didengar

Menulis pendapat pribadi tentang musik yang ditonton/didengar

  • Menentukan asal musik yang diperdengarkan
  • Mengidentifikasi ciri-ciri dan unsur budaya khas  dari musik mancanegara
  • Menyimpulkan fungsi sosial musik dalam budaya mancanegara
  • Menuliskan keunikan  dan pesan dari musik  yang didengar.

Tes

Tes lisan
  • Dengarkan intrumen lagu berikut ini lalu sebutkan :
  1. judul lagu
  2. irama
  3. tempo
  4. dinamik
  • Sebutkan unsur-unsur budaya dari musik yang didengar
  • Sebutkan fungsi sosial dari musik yang didengar
  • Tuliskan keunikan dan pesan yang disampaikan dari musik yang didengar

2

6

CD/VCD

-Kaset

-Buku teks lagu lagu mancanegara

Silabus

Sekolah                       : SMP/ MTs

Kelas/Semester            : IX (sembilan)/ I (satu)

Mata Pelajaran           : Seni Budaya / Seni musik

Standar Kompetensi  :

4. Mengekspresikan  diri melalui karya seni musik

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

4.1  Mengaransir lagu mancanegara di Asia

4.2  Menampilkan hasil aransemen lagu mancanegara di Asia

Musik mancanegara
  • Menuliskan paduan alat/ sumber bunyi musik yang akan digunakan untuk mengiringi lagu mancanegara
  • Membuat iringan lagu mancanegara dengan alat musik (sumber suara) yang dimiliki
  • Mempersiapkan tulisan /partitur, alat musik dan penyaji untuk menampilkan hasil aransemen
  • Menampilkan hasil aransemen
    • Mengaransir lagu berdasarkan ide kreatif mancanegara
    • Menyusun notasi, irama,tempo, dan dinamika lagu tersebut
    • Memainkan lagu hasil aransemen dengan menggunakan alat musik yang tersedia

Tes unjuk kerja

Tes identifikasi
  • Nyanyikan dan mainkan lagu yang telah diaransir dengan vokal dan alat musik
  • Pentaskan hasil aransemen secara utuh di kelas
  • Nyanyikan dan mainkan lagu yang telah diaransir dengan vokal dan alat musik
  • Pergelarkan  hasil aransemen secara utuh di kelas

6

6

CD/VCD

-Kaset

-Buku teks  lagu- lagu       mancanegara

Silabus

Sekolah                       : SMP/ MTs

Kelas/Semester            : IX (sembilan) / 2 ( Dua )

Mata Pelajaran           : Seni Budaya / Seni Musik

Standar Kompetensi  :

11. mengapresiasi karya seni musik

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

11.1 mengidentifikasi jenis karya seni musik manca negara di lusr Asia

11.2    Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu mancanegara di  luar Asia

Musik mancanegara
  • Mendengarkan musik/lagu   mancanegara
  • Mendiskusikan ciri-ciri khas musik dari mancanegara
  • Bertanya jawab tentang aspek sosial dalam musik mancanegara
  • Menyebutkan keunikan  dan pesan dari musik/lagu yang didengar
  • Mempresentasikan tentang manfaat fungsi sosial budaya dar musik yang didengar

Menulis pendapat pribadi tentang musik yang ditonton/didengar

  • Menentukan asal musik yang diperdengarkan
  • Mengidentifikasi ciri-ciri dan unsur budaya khas  dari musik mancanegara
  • Menyimpulkan fungsi sosial musik dalam budaya mancanegara
  • Menuliskan keunikan  dan pesan dari musik  yang didengar.

Tes

Tes lisan
  • Dengarkan intrumen lagu berikut ini lalu sebutkan :

a. judul lagu

b. irama

c. tempo

d. dinamik

  • Sebutkan unsur-unsur budaya dari musik yang didengar
  • Sebutkan fungsi sosial dari musik yang didengar
  • Tuliskan keunikan dan pesan yang disampaikan dari musik yang didengar

2

2

CD/VCD

-Kaset

-Buku teks lagu lagu mancanegara

Silabus

Sekolah                       : SMP/ MTs

Kelas/Semester            : IX (sembilan)/ 2 ( Dua )

Mata Pelajaran           : Seni Budaya / Seni Musik

Standar Kompetensi :

12. Mengekspresikan  diri melalui karya seni musik

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

12.1    Mengaransir lagu mancanegara

12.2    Menyiapkan karya musik manca negara disajikan secara perorangan dan kelompok dikelas atau di sekolah

12.3    Menampilkan karya senimusik manca negara secara individu dan per kelompok di kelas atau di sekolah

Musik mancanegara
  • Menuliskan paduan alat/ sumber bunyi musik yang akan digunakan untuk mengiringi lagu mancanegara
  • Membuat iringan lagu mancanegara dengan alat musik (sumber suara) yang dimiliki
  • Mempersiapkan tulisan /partitur, alat musik dan penyaji untuk menampilkan hasil aransemen
  • Menampilkan hasil aransemen
    • Mengaransir lagu berdasarkan ide kreatif mancanegara
    • Menyusun notasi, irama,tempo, dan dinamika lagu tersebut
  • Memainkan lagu hasil aransemen dengan menggunakan alat musik yang tersedia
  • Menyusun notasi, irama,tempo, dan dinamika lagu tersebut
  • Memainkan dalam bentuk ansambel
  • Menyanyikan lagu pop nusantara dan manca negara

Tes unjuk kerja

Tes unjuk kerja

Uji petik kerja prosedur dan produk

Uji petik kerja prosedur dan produk

  • Nyanyikan dan mainkan lagu yang telah diaransir dengan vokal dan alat musik
  • hasil aransemen secara utuh di kelas
  • Buatlah pergelaran musik nusantara dan mancanegara di kelas/sekolah

2

4

4

CD/VCD

-Kaset

-Buku teks lagu lagu mancanegara

About these ads