Suasana sakral begitu kental terasa pada tanggal 24 Juni 2010. Hujan mengguyur begitu deras pada hari itu dan lumpur pun menghiasi lapangan yang tadinya sudah cling dibersihkan oleh Pak Usep dan Pak Ujang selaku petugas kebersihan di SMPN 1 Singajaya. Namun keadaan itu tidak memetahkan semangat para personil Upacara adat SMPN 1 Singajaya yang siap mengiring keprgian kakaknya yang duduk di Kelas 9 yang telah berhasil menempuh Ujian Nasional.
Upacara adat sunda ini melibatkan 26 Siswa yang terdiri dari ; 10 Orang Siswi sebagai Penari Jaipong, 2 Orang Siswa sebagai Pendamping Siswa/ Siswi Kelas 9 8 Orang putra sebagai pembawa umbul – umbul, 2 orang putra sebagai Gada/ Gulang – gulang, 5 Orang siswa laki – laki sebagai pembawa payung agung.

dalam kesempatan ini selain orang tua siswa hadir pula para tokoh pendidikan di Singajaya, Muspika yang langsung dihadiri oleh Camat Kecamatan Singajaya tanpa mewakilkan, Ketua PGRI Kecamatan Singajaya, KAPOLSEK Kec. Singajaya, Kepala Desa Singajaya dan masih banyak lagi tokoh masyarakat lainnya.